Manfaat Daun Sambiloto, Si Pahit yang Khasiatnya Manis

Posted by Muchamad Sujarwanto Kamis, 03 Januari 2013 3 komentar


Manfaat Daun Sambiloto, Si Pahit yang Khasiatnya Manis

Halo pemirsa…apa kabar…?  Kali ini new herbal sehat dan halal kembali membahas tanaman herbal yang sering dijadikan obat herbal. Pembahasan kali ini tentang Manfaat Daun Sambiloto, Si Pahit yang Khasiatnya Manis. Tentunya nama tanaman Sambiloto ini sudah tidak asing lagi di telinga kita. Berikut uraiannya:

  1. Deskripsi Tanaman Sambiloto (Andrographis paniculata)
Sambiloto merupakan tumbuhan berkhasiat obat berupa terna tegak yang tingginya bisa mencapai 90 sentimeter. Asalnya diduga dari Asia tropika. Penyebarannya dari India meluas ke selatan sampai di Siam, ke timur sampai semenanjung Malaya, kemudian ditemukan Jawa.

Tumbuh baik di dataran rendah sampai ketinggian 700 meter dari permukaan laut. Sambiloto dapat tumbuh baik pada curah hujan 2000-3000 mm/tahun dan suhu udara 25-32 derajat Celcius. Kelembaban yang dibutuhkan termasuk sedang, yaitu 70-90% dengan penyinaran agak lama.

Nama daerah untuk sambiloto antara lain: sambilata (Melayu); ampadu tanah (Sumatera Barat); sambiloto, ki pait, bidara, andiloto (Jawa Tengah); ki oray (Sunda); pepaitan (Madura), sedangkan nama asingnya Chuan xin lien (Cina).

  1. Kandungan Daun Sambiloto
Tanaman sambiloto mengandung laktone dan flavonoid. Laktone diperoleh dari Daun dan cabangnya, masing – masing mengandung : deoxyandrographolide, andropraholide, neonandrographolide, 14-deoxy-n, 12-didehydroandrographolide, dan homoandrographolide. Sedangkan Flavoloid sendiri paling banyak diperoleh dari akar dengan kandungandari akar yaitu poplymethoxyflavone, andrographin, panicolin, mono-o-methylwithin, dan apigenin-7, 4-dimethyil ether.

  1. Khasiat Daun Sambiloto
Tanaman sambiloto digunakan untuk mencegah pembentukan radang, memperlancar air seni (diuretika), menurunkanpanas badan (antipiretika), obat sakit perut, kencing manis, dan terkena racun. kandungan senyawa kalium memberikan khasiat menurunkan tekanan darah. Hasil percobaan farmakologi menunjukkan bahwa air rebusan daun sambiloto 10% dengan takaran 0.3 ml/kg berat badan dapat memberikan penurunan kadar gula darah yang sebanding dengan pemberian suspensi glibenclamid.[3] Selain itu, daun Sambiloto juga dipercaya bisa digunakan sebagai obat penyakit tifus dengan cara mengambil 10-15 daun yang direbus sampai mendidih dan diminum air rebusannya.

Diantara khasiatnya:

Itulah uraian singkat manfaat dan khasiat daun sambiloto yang new herbal sehat dan halal rangkum.

Sumber:
(Wikipedia)
( sambiloto.org)

Saat ini telah dikembangkan ramuan tanaman herbal dalam bentuk suplemen dan obat-obatan sehingga lebih memudahkan kita dalam mengkonsumsi tanaman herbal untuk kesehatan. Begitu juga dengan Manfaat Daun Sambiloto  yang sudah dikemas dalam salah satu produk herbal dengan nama GREEN PALAPA. 
GREEN PALAPA merupakan produk sinergi (gabungan) dari beberapa daun yang memiliki kualitas
klorofil yang sangat baik. Klorofil berkhasiat sebagai Imunitas Tubuh, Detoksifikasi (pembersih toksin /racun), Anti Kanker (kelebihan herba Klorofil). Untuk keterangan lebih lanjut, silahkan Untuk keterangan lebih lanjut, silahkan KLIK DISINI Atau klik gambar dibawah ini:




TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Manfaat Daun Sambiloto, Si Pahit yang Khasiatnya Manis
Ditulis oleh Muchamad Sujarwanto
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://newherbalsehatdanhalal.blogspot.com/2013/01/manfaat-daun-sambiloto-si-pahit-yang.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

3 komentar:

Yons mengatakan...

Infonya sangat bermanfaat.... Thanks

juned mengatakan...

nice post sob .. mksih udah bagibagi informasi nya ..

Pondokibu.com mengatakan...

Terimakasih Infonya. Sambiloto Bisa jadi obat tradisional tanpa Efek samping

Poskan Komentar

Original design by Bamz | Copyright of New Herbal Sehat dan Halal.