Manfaat Daun Sirsak sebagai Obat Herbal Anti Kanker

Posted by Muchamad Sujarwanto Jumat, 28 Desember 2012 0 komentar

Manfaat Daun Sirsak sebagai Obat Herbal

manfaat daun sirsak

Sirsak, nangka belanda, atau durian belanda (Annona muricata L.) adalah tumbuhan berguna yang berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Di berbagai daerah Indonesia dikenal sebagai nangka sebrang, nangka landa (Jawa), nangka walanda, sirsak (Sunda), nangka buris (Madura), srikaya jawa (Bali), boh lôna (Aceh), durio ulondro (Nias), durian betawi (Minangkabau), serta jambu landa (di Lampung). Penyebutan "belanda" dan variasinya menunjukkan bahwa sirsak (dari bahasa Belanda: zuurzak, berarti "kantung asam") didatangkan oleh pemerintah kolonial Hindia-Belanda ke Nusantara, yaitu pada abad ke-19, meskipun bukan berasal dari Eropa.

 1.       Deskripsi Tanaman Sirsak

Tanaman ini ditanam secara komersial untuk diambil daging buahnya. Tumbuhan ini dapat tumbuh di sembarang tempat, paling baik ditanam di daerah yang cukup berair. Nama sirsak sendiri berasal dari bahasa Belanda Zuurzak yang berarti kantung yang asam.
Tanaman ini ditanam secara komersial atau sambilan untuk diambil buahnya. Pohon sirsak bisa mencapai tinggi 9 meter. Di Indonesia sirsak dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian 1000 m dari permukaan laut.
Buah sirsak bukan buah sejati, yang ukurannya cukup besar hingga 20-30cm dengan berat mencapai 2,5 kg. Yang dinamakan "buah" sebenarnya adalah kumpulan buah-buah (buah agregat) dengan biji tunggal yang saling berhimpitan dan kehilangan batas antar buah. Daging buah sirsak berwarna putih dan memiliki biji berwarna hitam. Buah ini sering digunakan untuk bahan baku jus minuman serta es krim. Buah sirsak mengandung banyak karbohidrat, terutama fruktosa. Kandungan gizi lainnya adalah vitamin C, vitamin B1 dan vitamin B2 yang cukup banyak. Bijinya beracun, dan dapat digunakan sebagai insektisida alami, sebagaimana biji srikaya.

2.       Kandungan Daun Sirsak 

Buah sirsak memang menawarkan berbagai kandungan positif bagi kesehatan manusia, mulai dari buahnya, daunnya, bahkan pohonnya. Telah banyak diketahui bahwa buah sirsak banyak mengandung vitamin C, kandungan serat dan nutrisi penting lainnya banyak terkandung dalam buah yang banyak ditemui di negara Tropis ini. Indonesia merupakan salah satu negara yang mempunyai pohon sirsak yang banyak. Tapi ternyata pemanfaatannya hanya sebatas pada buahnya saja, ini karena kurangnya pengetahuan tetang manfaat daun sirsak.
Daun sirsak ternyata mengandung banyak manfaat untuk bahan pengobatan herbal, dan untuk menjaga kondisi tubuh. Dibalik manfaatnya tersebut ternyata tak lepas dari kandungannya yang banyak mengandung acetogenins, annocatacin, annocatalin, annohexocin, annonacin, annomuricin, anomurine, anonol, caclourine, gentisic acid, gigantetronin, linoleic acid, muricapentocin. Kandungan senyawa ini merupakan senyawa yang banyak sekali manfaatnya bagi tubuh, bisa sebagai obat penyakit atau untuk meningkatkan kekebalan tubuh.
Hasil Studi yang dilakukan di Purdue University telah membuktikan, bahwa daun sirsak ini memiliki kemampuan membunuh sel-sel kanker dengan sangat efektif, terutama sel kanker seperti prostat, pankreas, dan paru-paru yang bekerja tanpa menimbulkan efek samping seperti Kemo terapi yang bisa menyebabkan rambut rontok, berat badan turun,rasa mual dan sebagainya.
   
3.       Khasiat dan manfaat Daun Sirsak

Konon, karena saking bagusnya manfaat daun sirsak, manfaatnya tidak dipublikasikan ke umum.
Kenapa? Karena untuk kepentingan bisnis pihak tertentu. Sekarang dengan makin terbukanya
informasi, sudah banyak orang yang meneliti dan mempublikasikan manfaat daun sirsak.
Diantaranya:
  • mengobati aneka kanker (kanker serviks, payudara, prostat, kolon, paru2, dll),
  • menambah kekebalan tubuh dan mencegah asam urat, bagi pria,
  • menambah jumlah dan memperkuat sperma,
  • mengeliminasi radikal bebas,
  • menyembuhkan peradangan di dalam tubuh, misalnya radang tenggorokan, usus,
  • pencernaan, ambeien dll
  • meningkatkan stamina,
  • mengatasi bronkitis
  • menyembuhkan tumor, infeksi, dan diabetes,
  • menurunkan darah tinggi dan kolestrol
  • membuang racun dari dalam tubuh,
  • mengatasi hepatitis, liver, dan batuk
  • relaksasi dan deep sleeping
  • menurunkan demam, anti kejang
  • mengatasi keputihan, asma, dan cacingan


(sumber: Wikipedia, erabaca.com)

 
Saat ini telah dikembangkan ramuan tanaman herbal dalam bentuk suplemen dan obat-obatan sehingga lebih memudahkan kita dalam mengkonsumsi tanaman herbal untuk kesehatan. Begitu juga dengan Manfaat Daun Sirsak  yang sudah dikemas dalam salah satu produk herbal dengan nama GREEN PALAPA. 
GREEN PALAPA merupakan produk sinergi (gabungan) dari beberapa daun yang memiliki kualitas
klorofil yang sangat baik. Klorofil berkhasiat sebagai Imunitas Tubuh, Detoksifikasi (pembersih toksin /racun), Anti Kanker (kelebihan herba Klorofil). Untuk keterangan lebih lanjut, silahkan Untuk keterangan lebih lanjut, silahkan KLIK DISINI Atau klik gambar dibawah ini:


TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Manfaat Daun Sirsak sebagai Obat Herbal Anti Kanker
Ditulis oleh Muchamad Sujarwanto
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://newherbalsehatdanhalal.blogspot.com/2012/12/manfaat-daun-sirsak-sebagai-obat-herbal.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Original design by Bamz | Copyright of New Herbal Sehat dan Halal.